MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJUMLAH DAN MENGURANGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI SUMBERJO KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

PEPY PUTRIDHARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0461P

Abstract

ABSTRAK Kemampuan menjumlah dan mengurangi di Kelompok B TK Pertiwi Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar berdasarkan evaluasi kegiatan pembelajaran pra tindakan masih belum tuntas. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan guru mayoritas menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan kurang melibatkan partisipasi anak. Guna meningkatkan hasil prestasi belajar anak Kelompok B TK Pertiwi Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar tersebut, peneliti mengatasi masalah pembelajaran kemampuan menjumlah dan mengurangi dengan menggunakan media pembelajaran dadu . Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk pembelajaran kemampuan menjumlah dan mengurangi pada Pada Kelompok B TK Pertiwi Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menjumlah dan mengurangi dengan menggunakan media pembelajaran dadu pada Kelompok B TK Pertiwi Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar dengan meetode demonstrasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan pada Kelompok B TK Pertiwi Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar Instrumen yang digunakan peneliti untuk pengumpulan data berupa tabel observasi. Peneliti terlibat secara penuh dalam kegiatan penelitian baik perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi maupun refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi mengalami peningkatan sebesar 60% pada siklus I pada siklus II 70% dan pada siklus III 85%. Hal ini menunjukkan metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran menjumlah dan mengurangi Untuk itu disarankan agar guru dapat memilih metode yang tepat dan kreatif dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran pengenalan bilangan berhasil dengan baik dan tidak membosankan misalnya dengan menggunakan metode demonstrasi. Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang terjun di dunia pendidikan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI