MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI KEGIATAN PERMAINAN LEGO BERHURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH TLOGO 2 KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

AMINATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0457

Abstract

Abstrak Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia terutama bagi anak usia dini yang berada pada masa emas (golden age). Dalam masa golden age bila anak mendapatkan stimulasi yang tepat maka pertumbuhan dan perkembangannya akan optimal. Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian stimulus pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dalam pemilihan media yang digunakan guru membuat anak cepat bosan karena tidak menarik dalam mengenalkan huruf. Selain itu strategi pembelajaran yang diterapkan guru kurang tepat sasaran karena guru menggunaka sistem klasikal. Hasil belajar anak dalam mengenal huruf belum maksimal sehingga indikator yang ingin dicapai tidak tuntas tercapai pada anak. Berdasarkan uraian latar belakang yang dikemukakan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak Kelompok A TK Al-Hidayah Tlogo 2 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar tahun Pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan Rumusan Masalah di atas, maka tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: (1) Mengumpulkan data yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad sebelum dilakukan peneltian; (2) Untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan permainan lego berhuruf agar kemampuan mengenal abjad anak meningkat; (3) Untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf abjad anak setelah melakukan tindakan kelas. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya kemampuan mengenal huruf abjad anak setelah menggunakan permainan lego berhuruf. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun pembahasannya bersifat teoritis dan empirik disertai dengan analisa sesuai dengan realita. Dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa dan pelaksanaan penelitian ini di TK Al-Hidayah Tlogo 2 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, pengumpulan data menggunakan cara observasi, hasil tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa permainan lego berhuruf memiliki dampak positif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II dan III) yaitu masing-masing 50%, 65% dan 90%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Kata Kunci : mengenal huruf abjad, permainan lego berhuruf

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI