MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF A-J MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN HURUF TIMBUL PADA ANAK KELOMPOK A RA PERWANIDA BABADAN KECAMATAN WLINGI KABUPATEN BLITAR TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

SAIFUL BACHRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0455

Abstract

ABSTRAK Kemampuan mengenal huruf di Kelompok A RA Perwanida Babadan Kecamatan WlingiKabupaten Blitar berdasarkan evaluasi kegiatan pembelajaran pra tindakan masih belum tuntas. Hal ini disebabkan media pembelajaran yang digunakan guru mayoritas menggunakan media pembelajaran yang kurang menarik bagi anak dan kurang melibatkan partisipasi anak. Guna meningkatkan hasil prestasi belajar anak Kelompok A RA Perwanida Babadan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar tersebut, peneliti mengatasi masalah pembelajaran mengenal huruf dengan menggunakan media papan huruf timbul. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan media papan huruf timbul untuk pembelajaran berbahasa Kelompok A RA Perwanida Babadan Kecamatan WlingiKabupaten Blitar, (2) mendeskripsikan peningkatan mengenal huruf Kelompok A RA Perwanida Babadan Kecamatan WlingiKabupaten Blitar dengan media papan huruf timbul. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan pada Kelompok A RA Perwanida Babadan Kecamatan Wlingil observasi. Peneliti terlibat secara penuh dalam kegiatan penelitian baik perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi maupun refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan media papan huruf timbul mengalami peningkatan sebesar 63% pada siklus I pada siklus II 75% dan pada siklus III 82%. Hal ini menunjukkan media papan huruf timbul dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran mengenal huruf. Untuk itu disarankan agar guru dapat memilih media yang tepat dan kreatif dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran mengenal huruf berhasil dengan baik dan tidak membosankan misalnya dengan menggunakan media papan huruf timbul Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang ada di dunia pendidikan. Kata Kunci : Mengenal Huruf A-J dan Papan Huruf Timbul

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI