MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN MEMBUAT BERBAGAI BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN ADONAN TEPUNG PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SUMBERASRI 03 KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

SUMIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0454

Abstract

SUMIATI : Mengembangkan Kemampuan Motorik halus Anak dengan Membuat Berbagai bentuk Geometri menggunakan Adonan Tepung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Sumberasri 03 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam mengembangkan motorik halus anak dan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran di TK. Melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bahwa kegiatan bermain adonan tepung dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak di TK Dharma Wanita Smberasri 03 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berupaya memberikan gambaran secara sistematis dan akurat dalam mengungkapkan adanya peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan bermain adonan tepung PTK ini dilaksanakan dengan tiga siklus yang dilakukan di TK Dharma Wanita Sumberasri 03 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dalam kegiatan bermain adonan tepung dan kreativitas anak belum terlihat maksimal. Dalam hal ini diperoleh hasil belajar anak mencapai 57% dari semua anak. Peran guru sebagai kolaborator juga belum maksimal dalam mengimplentasikan pembelajaran bermain adonan tepung sehingga perlu dilakukan siklus lanjutan. Pada siklus kedua terjadi peningkatan kreativitas anak yaitu menjadi 76,5% dari semua anak. Anak sudah dapat membuat berbagai membentuk dari adonan tepung namun masih ada beberapa anak yang masih di bantu guru. Pada siklus kedua terjadi peningkatan kreativitas anak yaitu menjadi 87,5% dari semua anak. Anak sudah dapat membuat berbagaimembentuk dari adonan secara bervariasi dan lebih berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui bermain adonan tepung dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak TK Dharma Wanita Smberasri 03 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Oleh sebab itu diharapkan guru dapat menggunakan berbagai metode dan kegiatan pembelajaran yang bervariasi, salah satunya dengan bermain adonan tepung sebagai suatu cara memotivasi anak dalam meningkatkan kreativitas mereka sehingga kemampuan motorik halus anak lebih berkembang dan tercapai secara maksimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI