MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN MEMBUAT BERBAGAI BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN ADONAN TEPUNG PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SUMBERASRI 03 KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Author (Penulis)
SUMIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0454
Abstract
SUMIATI : Mengembangkan Kemampuan Motorik halus Anak dengan Membuat Berbagai
bentuk Geometri menggunakan Adonan Tepung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita
Sumberasri 03 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam
mengembangkan motorik halus anak dan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses
pembelajaran di TK. Melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai
inovator dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bahwa kegiatan bermain adonan
tepung dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak di TK Dharma Wanita
Smberasri 03 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berupaya memberikan
gambaran secara sistematis dan akurat dalam mengungkapkan adanya peningkatan motorik
halus anak melalui kegiatan bermain adonan tepung
PTK ini dilaksanakan dengan tiga siklus yang dilakukan di TK Dharma Wanita
Sumberasri 03 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar
Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dalam kegiatan bermain adonan
tepung dan kreativitas anak belum terlihat maksimal. Dalam hal ini diperoleh hasil belajar
anak mencapai 57% dari semua anak. Peran guru sebagai kolaborator juga belum maksimal
dalam mengimplentasikan pembelajaran bermain adonan tepung sehingga perlu dilakukan
siklus lanjutan. Pada siklus kedua terjadi peningkatan kreativitas anak yaitu menjadi 76,5%
dari semua anak. Anak sudah dapat membuat berbagai membentuk dari adonan tepung namun
masih ada beberapa anak yang masih di bantu guru. Pada siklus kedua terjadi peningkatan
kreativitas anak yaitu menjadi 87,5% dari semua anak. Anak sudah dapat membuat berbagaimembentuk dari adonan secara bervariasi dan lebih berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui bermain adonan tepung
dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak TK Dharma Wanita Smberasri
03 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Oleh sebab itu diharapkan guru dapat menggunakan
berbagai metode dan kegiatan pembelajaran yang bervariasi, salah satunya dengan bermain
adonan tepung sebagai suatu cara memotivasi anak dalam meningkatkan kreativitas mereka
sehingga kemampuan motorik halus anak lebih berkembang dan tercapai secara maksimal.