Mengembangkan Kemampuan Permulaan Berhitung 1 – 10 Melalui Kegiatan Tebak Kartu Bergambar pada Anak Kelompok A TK Prima Insan Sholeh Kecamatan Talun Kabupaten Blitar
Author (Penulis)
SITI BADRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0452
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran permulaan berhitung 1-10 pada anak Kelompok A TK Prima Insan Sholeh Talun Blitar, hasilnya masih rendah, media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik dan bervariasi, metode dan model pembelajaran yang digunakan belum efektif, sehingga anak merasa bosan, takut dan kurang berminat pad apembelajaran permulaan berhitung 1-10. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan kegiatan tebak tebak kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan permulaan berhitung 1-10 pada anak Kelompok A TK Prima Insan Sholeh Talun Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A TK Prima Insan Sholeh Talun Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, Pedoman Unjuk Kerja, Lembar Proses Belajar Pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui kegiatan tebak kartu bergambar dapat mengembangkan kemampuan permulaan berhitung pada anak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan ketuntasan kemampuan anak dalam setiap siklus yaitu Siklus I (55,6%), Siklus II (63,9%), Siklus III (79,2%). Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, peneliti mengajukan saran kepada guru TK yaitu upaya peningkatan yang sudah dilakukan peneliti bisa dijadikan pilihan untuk meningkatkan kemampuan permulaan bergitung 1-10 dengan menerapkan permainan tebak kartu bergambar dan juga menjadi motivasi bagi para guru TK yang lain untuk mengadakan penelitian yang serupa.
Kata kunci : Kemampuan Berhitung 1 – 10, permainan tebak kartu bergambar