METODE DEMONSTRASI PADA KEGIATAN ORIGAMI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA 04 KARANGBENDO PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
SITI SAMROTUN NIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0448
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan motorik halus di Kelompok A Di TK Dharma Wanita 04 Karangbendo Ponggok Kabupaten Blitar berdasarkan evaluasi kegiatan pembelajaran pra tindakan masih belum tuntas. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan guru mayoritas menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan tidak melibatkan partisipasi anak. Guna meningkatkan hasil prestasi belajar anak KelompokA Di TK Dharma Wanita 04 Karangbendo Ponggok Kabupaten Blitar tersebut, peneliti mengatasi masalah pembelajaran motorik halus dengan menggunakan metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk pembelajaran motorik halus KelompokA Di TK Dharma Wanita 04 Karangbendo PonggokKabupaten Blitar, (2) mendeskripsikan peningkatan berbahasa Kelompok A Di TK Dharma Wanita 04 Karangbendo Ponggok. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan pada KelompokA Di TK Dharma Wanita 04 Karangbendo Ponggok l observasi. Peneliti terlibat secara penuh dalam kegiatan penelitian baik perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi maupun refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan metode demonstari mengalami peningkatan sebesar 40% pada siklus I pada siklus II 73% dan pada siklus III 100%. Hal ini menunjukkan metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran origami.
Untuk itu disarankan agar guru dapat memilih metode yang tepat dan kreatif dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran origami berhasil dengan baik dan tidak membosankan misalnya dengan menggunakan metode demonstrasi. Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang terjun di dunia pendidikan.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Origami dan Motorik Halus