MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN POLA MELALUI MEDIA KEPING GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK AL HIDAYAH RINGINANYAR KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
LISTYONINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0447P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman dan pengamatan peneliti, bahwa
pembelajaran di Taman Kanak-kanak masih dalam suasana belajar yang membosankan
karena kurangnya kreatifitas guru dan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga anak kurang antusias dalam menerima bimbingan guru, khususnya kemampuan kognitif dalam mengurutkan pola anak-anak masih banyak kekurangan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah melalui media keping geometri
dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengurutkan pola?; (2) Apakah
penggunaan media keeping geometri dapat meningkatkan minat dan hasil belajar anak?
Penelitian ini mengunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
subyek penelitian anak kelompok A TK Al Hidayah Ringinayar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPPM, RPPH, lembar observasi aktifitas siswa dan lembar observasi aktifitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan media keping
geometri untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengurutkan pola pada
anak kelompok A mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Sehingga
menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan kognitif dalam mengurutkan pola pada
anak kelompok A melalui media keping geometri adalah positif.
Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengurutkan pola
melalui media keping geometri berpengaruh positif dan model pembelajaran seperti ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran.