MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM MENYAYANGI SESAMA TEMAN DENGAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA KELOMPOK A DI TK NEGERI PEDESAAN SAMBIROBYONG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SULAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0445

Abstract

ABSTRAK Sulami: Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak dalam Menyayangi Sesama Teman dengan Metode Bercerita melalui Media Gambar Seri pada Kelompok A di TK Negeri Pedesaan Sambirobyong Tahun Ajaran 2015/2016 Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti tentang perkembangan kemampuan sosial emosional anak khususnya dalam menyayangi sesame teman. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, diketahui bahwa perkembangan sosial emosional anak kurang baik, khususnya dalam hal bersedia di ajak bermain bersama teman. Permasalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran dengan metode bercerita melalui media gambar dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional anak kelompok A di TK Pedesaan Sambirobyong Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Anak Didik kelompok A TK Negeri Pedesaan Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan pembahasan yang terdapat pada Bab IV diketahui bahwa telah terjadi peningkatan persentase keberhasilan yaitu pada tahap Pra Siklus = 35%, Siklus I = 50%, Siklus II = 65% dan Siklus III = 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode bercerita melalui gambar seri dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional anak dalam menyayangi sesama teman di Kelompok A TK Negeri Pedesaan Sambirobyong Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti menyarankan kepada pihak-pihak sebagai berikut: (1) 1. Kepala TK Negeri Pedesaan Sambirobyong, Agar memfasilitasi pembelajaran dengan metode bercerita melalui gambar seri untuk pembelajaran yang bertujuan mengembangkan kemampuan sosial emosional anak atau aspek pengembangan lainnya karena terbukti pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan sosial emosioanl anak dengan baik., (2) Para Guru di TK Negeri Sambirobyong, Agar meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang metode bercerita agar dapat mengembangkan pembelajaran dengan metode bercerita ini dengan lebih baik dan profesional serta menarik. Kata kunci: media gambar seri, menyayangi sesama teman, metode bercerita

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI