MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 2 JOHO KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
EVI WIDIANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0443
Abstract
Dalam menyebutkan kalimat haruslah tersusun kata sedemikian rupa
sehingga menghasilkan kalimat yang benar. Kemampuan berbicara dengan
metode bercerita dengan papan flanel diperlukan agar dapat mengapresiasi dan
merangsang anak lebih meningkatkan kemampuan berbicara. Dalam hal ini
guru dituntut mempunyai ketrampilan untuk memotivasi anak sehingga dapat
merangsang anak mengembangkan ide-idenya atau gagasan secara tepat.
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan : ( 1 ) Proses
pembelajaran berbicara anak. ( 2) Pengelola pembelajaran yang dilakukan
oleh guru.(3)Ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa. Penelitian yang di
lakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research
). Objek tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah
25 siswa. Kerangka pembelajaran yang digunakan berupa rencana kegiatan
harian (RKH ) dan LKS ( lembar kerja siswa ). Sedangkan instrumen
penelitiannya adalah lembar observasi hasil belajar siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
percakapan. Melalui metode bercerita dengan menggunakan papan flanel
kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan yang signifikan yaitu
siklus I prosentase ketuntasan 44 %, siklus II prosentase ketuntasan 68 %, dan
siklus III prosentase ketuntasan 92 %.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari hasil
bercakap - cakap pada kelompok B TK Pertiwi 2 Kecamatan Pace Kabupaten
Nganjuk maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kemampuan guru
dalam mengolah pembelajaran secara keseluruhan dapat di kategorikan baik.
Hanya saja pada beberapa aspek perlu ditingkatkan lagi yaitu aspek dalam
menyampaikan tujuan pembelajaran berbicara dengan metode bercerita .(2)
Kemampuan berbicara dengan metode bercerita per aspek termasuk meningkat
dari setiap siklusnya yang dikategorikan baik sekali.