MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 2 JOHO KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

EVI WIDIANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0443

Abstract

Dalam menyebutkan kalimat haruslah tersusun kata sedemikian rupa sehingga menghasilkan kalimat yang benar. Kemampuan berbicara dengan metode bercerita dengan papan flanel diperlukan agar dapat mengapresiasi dan merangsang anak lebih meningkatkan kemampuan berbicara. Dalam hal ini guru dituntut mempunyai ketrampilan untuk memotivasi anak sehingga dapat merangsang anak mengembangkan ide-idenya atau gagasan secara tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan : ( 1 ) Proses pembelajaran berbicara anak. ( 2) Pengelola pembelajaran yang dilakukan oleh guru.(3)Ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa. Penelitian yang di lakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ). Objek tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 25 siswa. Kerangka pembelajaran yang digunakan berupa rencana kegiatan harian (RKH ) dan LKS ( lembar kerja siswa ). Sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar observasi hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan percakapan. Melalui metode bercerita dengan menggunakan papan flanel kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan yang signifikan yaitu siklus I prosentase ketuntasan 44 %, siklus II prosentase ketuntasan 68 %, dan siklus III prosentase ketuntasan 92 %. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari hasil bercakap - cakap pada kelompok B TK Pertiwi 2 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran secara keseluruhan dapat di kategorikan baik. Hanya saja pada beberapa aspek perlu ditingkatkan lagi yaitu aspek dalam menyampaikan tujuan pembelajaran berbicara dengan metode bercerita .(2) Kemampuan berbicara dengan metode bercerita per aspek termasuk meningkat dari setiap siklusnya yang dikategorikan baik sekali.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI