MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS ANAK MELALUI PERMAINAN MEMBANGUN LINGKUNGAN DENGAN MEDIA PASIR DI KELOMPOK B TK AL HIDAYAH BENDOWULUNG KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
LAILI MAHFUDIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0438
Abstract
MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS ANAK MELALUI
PERMAINAN MEMBANGUN LINGKUNGAN DENGAN MEDIA PASIR DI KELOMPOK B
TK AL HIDAYAH BENDOWULUNG
KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Laili Mahfudiyah
NPM. 12.1.01.11.0438
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
lailimahfudiyah@gmail.com
Dosen Pembimbing 1: Intan Prastihastari Wijaya, M.Pd, M.Psi dan
Dosen Pembimbing 2:Widi Wulansari, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi pada hasil observasi di TK Al Hidayah Bendowulung, pengetahuan sains anak mengenai lingkungan sekitarnya kurang berkembang.Hal ini disebabkan karena kurangnya pengalaman anak dalam hal pengetahuannya mengenai lingkungan secara nyata dan karena kurangnya keinginan anak untuk mencoba serta memecahkan masalah mengenai sains.Pengetahuan sains anak yang kurang memuaskan juga dikarenakan guru dalam kegiatan pembelajaran banyak yang dilakukan di dalam kelas.Selain itu juga guru dalam penyampaian materi bersifat teori atau cenderung ceramah dan tidak menggunakan benda kongkrit sebagai medianya.Hal ini membuat guru resah, apalagi hasil belajar yang kurang memuaskan terutama dalam pengungkapan konsep sains anak. Permasalahan penelitian ini adalah apakah Apakah penerapan permainan membangun lingkungan dengan media pasir dapat meningkatkan pengetahuan sains anak di kelompok B TK Al Hidayah Bendowulung Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2015/2016?.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Al Hidayah Bendowulung dengan jumlah anak didik 25 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar observasi terhadap aktivitas anak dalam pembelajara, lembar observasi pembelajaran, dan dokumentasi kegiatan selama pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil kemampuan pengetahuan sains anak pada pratindakan sebesar 56% (14 anak) dan yang dinyatakan belum tuntas sebesar 44% (11 anak), (2) Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Hasil pada siklus I sebesar 72,73%. Hasil pada siklus II 81, 82%. Dan hasil pada siklus III sebesar 90,91%,(3) Hasil kemampuan pengetahuan sains anak pada siklus III sebesar 88% (22 anak) dan yang dinyatakan belum tuntas sebesar 12% (3 anak), (4) Perbedaan kemampuan pengetahuan sains anak pada pratindakan sampai dengan tindakan terakhir adalah sebesar 32%, dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa permainan membangun lingkungan dengan menggunakan media pasir dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan sains pada anak kelompok B di TK Al Hidayah Bendowulung Tahun Pelajaran 2015/2016 dan hipotesis diterima.
Kata kunci: Pengetahuan Sains, Permainan Membangun Lingkungan