UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI DAN MENGENAL WARNA PADA ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DENGAN BAHAN AMPAS KELAPA PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DARUNGAN KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

NANIK EROWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0434

Abstract

Abstrak Kemampuan anak kelompok B TK Dharma Wanita Darungan Kecamatan Kademangan dalam mengenal warna masih rendah. Hal tersebut dapat dilihat anak kurang bersemangat, bosan dan mengeluh, capek pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggambar dan mewarna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah kegiatan mewarnai dengan bahan ampas kelapa dapat meningkatkan kemampuan seni pada anak Kelompok B?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Darungan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Pra tindakan diperoleh prosentase ketuntasan mencapai 31,25%. (2) Siklus I prosentase ketuntasan belajar sebesar 43,75%. (3) Pada siklus II prosentase ketuntasan belajar yaitu sebesar 68.75%. Prosentase ketuntasan siklus III sebesar 81,25%. (4) Kemampuan seni dan mewarna mengalami peningkatan sebesar 23% pada siklus III. Dengan demikian penerapan pembelajaran melalui kegiatan mewarnai dengan bahan ampas kelapa dapat meningkatkan kemampuan seni dan mewarna dan hipotesis diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI