MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAMMENGENAL UKURAN MELALUI PERMAINAN TAKAR AIR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI PLUMPUNGREJO KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

SUPRIONO PRIYO HARSONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0428

Abstract

Kemampuan kognitif di Kelompok A di TKPertiwi PlumpungrejoKecamatan Kademangan Kabupaten Blitar berdasarkan evaluasi kegiatan pembelajaran pra tindakan masih belum tuntas. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan guru mayoritas menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan tidak melibatkan partisipasi anak. Guna meningkatkan hasil prestasi belajar anak KelompokA di TKPertiwi PlumpungrejoKecamatan Kademangan Kabupaten Blitar tersebut, peneliti mengatasi masalah pembelajaran mengenal ukuran dengan menggunakan permainan takar air. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan bermain takar air untuk pembelajaran kognitif di Kelompok A diTKPertiwi PlumpungrejoKecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, (2) mendeskripsikan bermian takar air Kelompok A diTKPertiwi PlumpungrejoKecamatan Kademangan Kabupaten Blitar dengan media permainan takar air. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah anak yang di teliti sebanyak 16 anak dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan pada Kelompok A di TKPertiwi PlumpungrejoKecamatan Kademangan l observasi. Peneliti terlibat secara penuh dalam kegiatan penelitian baik perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi maupun refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi mengalami peningkatan sebesar 65% pada siklus I pada siklus II 73% dan pada siklus III 87%. Hal ini menunjukkan permainan takar air dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Untuk itu disarankan agar guru dapat memilih media yang tepat dan kreatif dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran mengenal ukuran berhasil dengan baik dan tidak membosankan misalnya dengan menggunakan permainan takar air. Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang terjun di dunia pendidikan. Kata Kunci : kognitif, mengenal ukuran, permainan takar air

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI