MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA MELALUI MEDIA DADU FLANEL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL HIDAYAH 02 KENDALREJO KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

ISMI FADILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0427

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran dalam bidang kognitif khususnya dalam mengenal warna masih kurang optimal, hal ini disebabkan karena media dan metode yang digunakan kurang menarik, sehingga anak-anak cenderung cepat bosan dan suka bermain sendiri, sehingga hasil belajarnya juga masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan metode bermain dadu flanel dapat mengembangkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A TK Al Hidayah 02 Kendalrejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar?Penelitian ini menggunakan menggunkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Al Hidayah 02 Kendalrejo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, Instrumen penilaian mengenal warna anak dan instrumen proses pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Melalui siklus tindakan pembelajaran melalui bermain media dadu flanel terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A TK Al Hidayah 02 Kendalrejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan: (1) Untuk guru apabila mengalami hambatan dalam mengembangkan kemampuan anak, diharapkan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan mencoba metode-metode atau media-media baru yang bervariasi.(2) Untuk kepala sekolah TK Al Hidayah 02 Kendalrejo diharapkan untuk memfasilitasi media dadu flanel di lembaganya karena sudah terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal warna. (3) Untuk penelitian yang serupa hendaknya lebih dikembangkan lagi sehingga ada perbaikan-perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik. Kata Kunci:Mengenal warna, media dadu flanel

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI