MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI PERMAINAN SIRKUIT BENDERA PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN PAUD AISYIYAH IIKECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
FATIMATUZ ZAHRO' K W
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0425
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal huruf vokal pada anak saat ini belum sepenuhnya terwujud pada anak Kelompok Bermain Paud Aisyiyah II Pare, biasanya para orang tua malas untuk mengajarkan dan biasanya di ajarkan pada usia 4-5 Tahun, Kelompok Bermain Paud Aisyiyah II, juga jarang diajarkan guru serat pembelajaran juga terlalu monoton.
Permasalah Peneliti ini adalah : Apakah Permainan Sirkuit Bendera dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf vokal Kelompok Bermain Aisyiyah II Kecamatan Pare Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016 ?.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan Subjek Penelitian Kelompok Bermain Paud Aisyiyah II Pare, Penelitian ini di laksanakan dengan tiga siklus menggunakan Instrumen berupa RPPH, lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran, Lembar penilaian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat di temukan langkah – langkah yang efektif penerapan pembelajaran melalui permainan sirkuit bendera untuk mengembangkan huruf vokal
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) tujuan pokok penggunaan pembelajaran melalui permainan sirkuit bendera adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf vokal, oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana permainan yang menarik dan menyenangkan. (2) guru masih perlu meneliti terus – menerus untuk membuktikan apakah permainan sirkuit bendera dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf vokal dan sesuai keinginan anak bermain sambil belajar.