MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK KEMALA BHAYANGKARI 43 KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

REZTI NADYA HANTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0424P

Abstract

REZTI NADYA HANTIKA : Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A Tk Kemala Bhayangkari 43 Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014 Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti di Kelompok A Tk Kemala Bhayangkari 43 Kecamatan Pare telah ditemukan masalah tentang kemampuan kognitif anak yang masih sangat rendah. Sehingga anak kurang berminat dalam melakukan kegiatan mangenal konsep bilangan, hal ini disebabkan karena media dan metode yang dipergunakan oleh pendidik monoton dan membosankan. Dengan melalui permainan sondah diharapkan dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak didik dalam mengenal konsep bilangan sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitasnya. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok Kelompok A Tk Kemala Bhayangkari 43 Kecamatan Pare yang berjumlah 20 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah unjuk kerja. Peningkatan kemampuan kognitif melalui Permulaan Melalui Media Kartu Huruf, Kelompok A Tk Kemala Bhayangkari 43 Kecamatan Pare, terbukti dilihat dari hasil penelitian Pada siklus I anak yang mendapat bintang tiga sebanyak 3 anak (41,25%) pada siklus II anak yang mendapat bintang tiga meningkat 9 anak (68,75%) dan pada siklus III anak yang mendapat bintang tigadanempatmeningkat menjadi 18 anak (82,50%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Permulaan Melalui Media Kartu Huruf mempunyai pengaruh positif yaitu dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak didik yang ditunjukkan dengan unjuk kerja anak didik yang aktif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI