MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA STIK ANGKA PADA ANAK-ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN PKK KEDAWUNG KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

DORA APRILYA EKA SAPUTRY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0421

Abstract

Peneliti ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti di KB PKK Kedawung Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di temukan fakta pada anak Kelompok Bermain PKK Kedawung Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri masih ditemukan adanya keterlambatan perkembangan kognitif anak yang salah satunya adalah mengenal angka 1-10. Melalui media stik angka yang disukai anak akan dapat melatih daya ingat anak dan mata anak. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan mediastik angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dikelompok usia 3-4 Tahun Kelompok Bermain PKK Kedawung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Subyek dalam peneliti ini adalah anak didik Kelompok Bermain PKK Kedawung Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 anak. Peneliti ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi guru, lembar observasi anak, dan lembar penlaian anak. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan penggunaan media stik angka terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia 3-4 Tahun Kelompok Bermain PKK Kedawung Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini tampak pada jumlah anak mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 27%, pada siklus II meningkat menjadi 60%, dan akhirnya pada siklus III meningkat menjadi 87%. Saran bagi guru hendaknya dalam kegiatan pembelajaran hendaknya dalam kegiatan pembelajaran bisa menerapkan media-media yang dapat memotivasi anak untuk belajar, sehingga anak tidak merasa bosan. Bagi orang tua hendaknya orang tua benar-benar memperhatikan tumbuh kembang anak selama bermain dirumah karena tanpa perhatian orang tua, anak tidak bisatumbuh sesuai dengan tahapan perkembangannya. Bagi sekolah hendaknya melegkapi sarana dan prasarana pembelajaran anak dengan media pembelajaran agar proses belajar mengajar berlangsung lebih efektif dan menyenangkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI