MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1- 10 MENGGUNAKAN MEDIA BALOK ANGKA DI KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA AL-FALAH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

NUR SA'IDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0419

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pendidikan anak usia dini sangat membutuhkan media pembelajaran, yang mampu memacu ataupun memotivasi semangat anak didik dalam pembelajaran yang selama ini dirasa kurang dapat meningkatkan motivasi anak didik dalam hal mengenal angka. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan media balok angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Kusuma Mulia Al- Falah Kabupaten Kediri. Dari penelitian masalah tersebut peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus yaitu siklus I, II, dan III. Aspek yang diteliti pada penelitian ini adalah (1) saat bermain balok angka anak dapat menggunakan balok angka anak dapat mengurutkan angka 1-10, (2) saat bermain balok angka anak mampu menghubungkan dan memasangkan ngambar dengan lambang bilangan, (3) saat bermain balok angka anak mampu memsangkan puzzle yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui hasil ketuntasan belajar anak pada siklus I masih mencapai 35,7%, kemdian pada tindakan siklus II ketuntasan meningkat dengan baik menjadi 50%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik menjadi 95%. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan bermain balok angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 di Kelompok A TK Kusuma Mulia Al- Fallah Kabupaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran yang peneliti berikan antara lain: Bagi guru, hendaknya dalam kegiatan pembelajaran bisa menerapkan media-media yang dapat memotivasi anak seperti media kartu angka sehingga dapat menarik minat anak dalam kegiatan pembelajaran agar berjalan lebih baik dan proses belajar anak menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Bagi orang tua, sebaiknya menyediakan media permainan yang dapat merangsang kegiatan anak sesuai dengan imajinasi mereka. Agar anak – anak mereka nantinya menjadi pribadi yang kreatif dan berkarya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI