MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN (KB) PAUD BUNGA MULIA BANGGLE DESA BANGGLE KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
SITI UMAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0417
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan permulaan membaca beberapa anak di KB PAUD Bunga Mulia Banggle Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri masih kurang. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan permulaan membaca, secara khusus mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan permulaan membaca melalui permainan kartu huruf. Permasalahan peneliti ini adalah “Apakah melalui penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca anak Kelompok Bermain (KB) PAUD Bunga Mulia Banggle Desa Banggle Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek Penelitian adalah sisiwa Kelompok Bermain (KB) PAUD Bunga Mulia Banggle Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 16 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 25% dari siklus I kesiklus II, dan 23,75% dari siklus II kesiklus yang III. Dengan demikian Hipotesis yang menyatakan tindakan pembelajaran melalui media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca pada anak Kelompok Bermain (KB) PAUD Bunga Mulia Banggle Desa Banggle Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Saran Bagi lembaga sekolah khususnya PAUD Bunga Mulia Banggle untuk dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca dengan menggunakan media kartu huruf pada anak Kelompok Bermain (KB)..
Kata Kunci: Kemampuan permulaan membaca, Kartu huruf, Anak Kelompok Bermain.