MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEWARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN KASREMAN KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
NUR ALFIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0416
Abstract
Abstrak
Nur Alfiyah: Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Kasreman. Skripsi, FKIP UN PGRI Kediri, 2016
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal warna anak masih sangat rendah dikarenakan guru belum mampu menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga pembelajaran kurang optimal. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, pada akhirnya hasil pembelajaran pun juga rendah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak TK Dharma Wanita Persatuan Kasreman. Penilitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, Lembar Observasi aktifitas siswa, Lembar Observasi aktifitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian bahwa setiap melakukan tindakan mengalami kenaikan prosentase ketuntasan belajar terlihat dari pra tindakan ke Siklus I mengalami prosentasi ketuntasan 10%. Dari Siklus I ke Siklus II mengalami kenaikan 26,7%. Dari Siklus II ke Siklus III mengalami kenaikan sebesar 40%.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, tujuan pokok penggunaan pembelajaran dengan menggunakan “Metode Esperimen” dan benda-benda konkrit/nyata sederhana adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok B. Oleh karena itu guru harus dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif agar anak dapat menghilangkan kebosanan pada pembelajaran mengenal warna.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, Mengenal Warna