MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN MEMANCING HURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK PLUS “AL IKHLAS” BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NUR SAUDDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0415

Abstract

ABSTRAK Nur Sauddah. Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Memancing Huruf pada Anak Kelompok A TK Plus “Al Ikhlas” Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti tentang kemampuan bahasa anak didik di kelompok A TK Plus “Al Ikhlas” Boyolangu yang masih kurang bagus. Pengamatan di fokuskan pada kemampuan menyebutkan huruf yang ditunjukkan oleh guru. Dari penilaian yang dilakukan, ternyata tidak lebih dari setengah dari jumlah seluruh anak yang dapat menyebutkan huruf-huruf tersebut dengan tepat. Permasalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran dengan permainan memancing huruf anak kelompok A TK Plus “Al Ikhlas” Boyolangu Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016 dapat meingkatkan kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Anak Didik kelompok A TK Plus “Al Ikhlas” Boyolangu Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan penilaian unjuk kerja menyebutkan huruf yang dipancing. Berdasarkan pembahasan pada Bab IV, dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan persentase ketuntasan siswa dalam pengembangan kemampuan kognitif dengan indikator menyebutkan huruf yang dipancing. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode permainan memancing huruf dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dalam mengenal huruf pada anak kelompok A TK Plus “Al Ikhlas” Boyolangu Tulungagung pada tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti memberikan saran kepada pihak-pihak sebagai berikut: (1) Kepala TK Plus “Al Ikhlas” Boyolangu, Agar memfasilitas para guru untuk melaksanakan pembelajaran melalui metode memancing huruf karena metode ini terbukti dapat meningkatakan kemampuan berbahasa dalam mengenal huruf, (2) Para Guru di TK, Agar meningkatkan pengetahuan dan wawasannya tentang metode permainan memancing huruf agar dapat mengembangkan metode permainanan memancing huruf dengan lebih menarik dan professional. Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, permainan memancing

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI