MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PAZZEL LANTAI PADA ANAK PAUD AYU LARAS DESA PACEWETAN KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI MAESAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0411

Abstract

ABSTRAK Siti Maeasaroh : Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media pazzel lantai pada anak Paud Ayu Laras Desa Pacewetan Kecamatan Pace Kabupaten Ngajuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Prodi PAUD FKIP UNP 2016. Penelitaian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di Paud masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut Nampak dari mativasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun rendah. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah meningkatkan kemampuan permulaan membaca pada anak paud? (2) Apakah penggunaan media pazzel lantai dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca siswa? Tujuan peneliti mengadakan penelitianya itu untuk memperoleh data tentang kemampuan membaca pada anak Paud Ayu Laras desa Pacewetan. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa paud Ayu Laras. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa, hasil penilaian unjuk kerja siswa, lembar observasi aktivitas guru, prosentasi ketuntasan belajar anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan permulaan membaca pada anak paud.(2) Melalui siklus tindakan pengunaan media pazzel lantai dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca pada anak paud. (3) melalui siklus tindakan pengunaan media pazzel lantai terbukti dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1)Tujuan pokok pengunaan media pazzel lantai adalah untuk meningkatkan permulaan membaca. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung suasana pembelajaran. (2) Guru masih harus meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pengunaan media pazzel lantai tepat sebagai sarana peningkatan permulaan membaca bagi anak paud. Kata kunci : kemampuan, membaca permulaan, media, pazzel lantai. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI