MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA 14 DAHU KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

NYARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0406

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca anak kelompok A TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri masih rendah. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak, secara khusus untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan kartu kata. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Apakah melalui permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui permainan kartu kata dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015-2016, yang berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data perkembangan kemampuan membaca anak pada setiap tindakan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan membandingkan ketuntasan belajar antara waktu sebelum dilakukan tindakan, tindakan siklus I, tindakan siklus II dan tindakan siklus III. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : penerapan media kartu kata dalam pembelajaran dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak kelompok A TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan : Bagi guru hendaknya berkreasi dalam penggunaan media kartu kata sehingga dapat mendorong anak agar lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Bagi pihak sekolah hendaknya menyediakan alat pembelajaran yang beragam, misal: karpet huruf dan papan pencocokkan agar anak lebih konsentrasi dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kata kunci: kemampuan membaca, permainan kartu kata.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI