MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA 14 DAHU KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
NYARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0406
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca anak kelompok A TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri masih rendah. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak, secara khusus untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan kartu kata. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Apakah melalui permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui permainan kartu kata dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015-2016, yang berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data perkembangan kemampuan membaca anak pada setiap tindakan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan membandingkan ketuntasan belajar antara waktu sebelum dilakukan tindakan, tindakan siklus I, tindakan siklus II dan tindakan siklus III. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : penerapan media kartu kata dalam pembelajaran dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak kelompok A TK Kusuma Mulia 14 Dahu Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan : Bagi guru hendaknya berkreasi dalam penggunaan media kartu kata sehingga dapat mendorong anak agar lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Bagi pihak sekolah hendaknya menyediakan alat pembelajaran yang beragam, misal: karpet huruf dan papan pencocokkan agar anak lebih konsentrasi dan aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Kata kunci: kemampuan membaca, permainan kartu kata.