MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK DENGAN TEKNIK MONTASE DI KELOMPOK B TK AL-HIDAYAH BENDOWULUNG KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
NURUL WAKHIDATUL HASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0387P
Abstract
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK DENGAN TEKNIK MONTASE DI KELOMPOK B
TK AL-HIDAYAH BENDOWULUNG
KECAMATAN SANANKULON
KABUPATEN BLITAR
NURIL WAKHIDATUL HASANAH
Program Studi Pendidikan AnakUsia Dini Fakultas Keguruan
Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Jl. K.H. Achmad Dahlan No. 76 Telp (0354) 776706 Kediri 64112
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa teknik montase ini bukan hanya sekedar media baca, tetapi dengan menggunakan teknik montase anak merasa senang dan tidak ada tekanan. Dengan menggunakan teknik montase dapat melatih kreativitas menggambar anak.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu : Apakah penerapan tehnik montase dalam pembelajaran mampu mengembangkan kreativitas menggambar anak kelompok B TK Al-Hidayah Bendowulung Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan sampel anak didik kelompok B TK Al-Hidayah Bendowulung Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar sejumlah 20 anak. Penelitian ini dilakukan dalam tiga sikus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi kemampuan menggambar anak melalui teknik montase, lembar observasi guru, dan pedoman observasi aktivitas anak didik.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : melelui teknik montase terbukti berhasil dan mampu meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok B TK Al-Hidayah Bendowulung Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data penggunaan teknik montase dalam mengembangkan kreativitas menggambar anak pada siklus I 30%, siklus II 45%, siklus III 85%
Implikasi praktis hasil penelitian ini adalah bahwa tujuan pendidikan pada satuan pendidikan PAUD/TK lebih diutamakan pada pengembangan kemampuan dasar pembiasaan, bahasa, kognitif dan fisik motorik.untuk membentuk kemampuan dasar tersebut diperlukan beberapa syarat, diantaranya adalah penciptaan lingkungan belajar dan model pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran menggambar menggunakan teknik montase dapat memenuhi tujuan tersebut. Maka guru-guru TK/PAUD dapat menggunakan dalam pembelajaran, dalam upaya mengembangkan kemampuan dasar anak.
Kata kunci : teknik montase, kreatifitas menggambar