MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA ALAT PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH SUKOSEWU 01 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
SAIFUL FAHMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0385P
Abstract
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF
DALAM KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA ALAT PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B
TK AL HIDAYAH SUKOSEWU 01
KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR
SAIFULINA FAHMI
Progam Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Jl. KJ. Achmad Dahlan No. 76 Telp (0354) 776706 Kediri 64112
ABSTRAK
Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru TK perlu mempersiapkan diri, salah satu bentuk persiapan adalah menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan fisik dan psikologis anak TK, keadaan lingkungan sekitar dan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan.
Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di TK adalah pengembangan kognitif. Kemampuan kognitif dipersiapkan guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas anak sesuai perkembangan nya.
Permasalahan yang ingin di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media alat permainan ular tangga pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Al Hidayah Sukosewu 01 Kecamatan Gandusari. Tujuan penelitian tindakan ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif dalam konsep bilangan melalui media alat permainan ular tangga pada kelompok B TK Al Hidayah sukosewu 01 Kecamatan Gandusari.
Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (action research) sebanyak 3 kali putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahapan yaitu : Rancangan, Kegiatan pelaksanaan, Kegiatan pengamatan dan Refleksi. Sasaran penelitian adalah kelompok B TK Al Hidayah sukosewu 01 Kecamatan Gandusari.
Data yang diperoleh berupa hasil kegiatan anak dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan anak dalam hal konsep bilangan dengan media sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran terhadap kemampuan kognitif. Dilihat dan adanya peningkatan dari Sikius I dengan rata-rata presentase 40 %, Siklus II 53,33 % dan Siklus III 80 %, anak kelompok B di TK Al Hidayah Sukosewu 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa dengan menggunakan media alat permainan ular tangga hasil pembelajaran semakin meningkat.
Dalam melihat kenyataan tersebut di atas hendaknya seorang guru dalam kegiatan pembelajaran harus disesuaikan antara kemampuan dasar, indikator, tema maupun cara memilih metode, karena metode yang tidak sesuai bisa mengakibatkan pembelajaran tidak tuntas.
Kata Kunci : Kemampuan kognitif, konsep bilangan, permainan ular tangga