MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA ALAT PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH SUKOSEWU 01 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

SAIFUL FAHMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0385P

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA ALAT PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH SUKOSEWU 01 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR SAIFULINA FAHMI Progam Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl. KJ. Achmad Dahlan No. 76 Telp (0354) 776706 Kediri 64112 ABSTRAK Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru TK perlu mempersiapkan diri, salah satu bentuk persiapan adalah menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan fisik dan psikologis anak TK, keadaan lingkungan sekitar dan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan. Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di TK adalah pengembangan kognitif. Kemampuan kognitif dipersiapkan guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas anak sesuai perkembangan nya. Permasalahan yang ingin di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media alat permainan ular tangga pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Al Hidayah Sukosewu 01 Kecamatan Gandusari. Tujuan penelitian tindakan ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif dalam konsep bilangan melalui media alat permainan ular tangga pada kelompok B TK Al Hidayah sukosewu 01 Kecamatan Gandusari. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (action research) sebanyak 3 kali putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahapan yaitu : Rancangan, Kegiatan pelaksanaan, Kegiatan pengamatan dan Refleksi. Sasaran penelitian adalah kelompok B TK Al Hidayah sukosewu 01 Kecamatan Gandusari. Data yang diperoleh berupa hasil kegiatan anak dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan anak dalam hal konsep bilangan dengan media sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran terhadap kemampuan kognitif. Dilihat dan adanya peningkatan dari Sikius I dengan rata-rata presentase 40 %, Siklus II 53,33 % dan Siklus III 80 %, anak kelompok B di TK Al Hidayah Sukosewu 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa dengan menggunakan media alat permainan ular tangga hasil pembelajaran semakin meningkat. Dalam melihat kenyataan tersebut di atas hendaknya seorang guru dalam kegiatan pembelajaran harus disesuaikan antara kemampuan dasar, indikator, tema maupun cara memilih metode, karena metode yang tidak sesuai bisa mengakibatkan pembelajaran tidak tuntas. Kata Kunci : Kemampuan kognitif, konsep bilangan, permainan ular tangga

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI