MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A1TK AL-HIDAYAH TLUMPU KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
NURUL HIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0380
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran melukis di TK Al-Hidayah Tlumpu Kota Blitar yang dilakukan di dalam ruang kelas yang kurang representatif, tidak adanya ketersediaan media pasta warna. Akibatnya suasana proses pembelajaran membosankan, anak pasif, dan Kreativitas anak dalam melukis rendah. Hal tersebut tampak dari motivasi belajar anak yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajar juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah kegiatan finger painting mampu meningkatkan kemampuan seni pada anak kelompok A1 Taman Kanak- kanak Al- Hidayah Tlumpu Sukorejo Kota Blitar?”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A1 TK Al -Hidayah Tlumpu Kota Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen RPP, lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil belajar anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan kegiatan finger painting terbukti dapat meningkatkan kemampuan seni pada anak.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan seni .
Kata kunci : kemampuan seni, finger painting.