MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KELOMPOK B TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL XI PARE KECAMATAN PARE KEBUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI PATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0362

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa anak kurang mampu menghubungkan antara konsep bilangan dengan lambang bilangan,mengurutkan dan memasangkan jumlah benda dengan angka,sering terbalik dalam menulis angka,sehingga indicator yang diharapkan belum bisa dicapai.Hal ini disebabkan karena kurangnya kreativitas guru,monotonnya proses pembelajaran di kelas,orang tua yang kurang optimal dalam mengenalkan lambang bilangan 1-20, media pembelajaran yang kurang menarik,suara guru yang kurang keras (terlalu pelan)Permasalahan penelitian ini adalah : “Apakah Permainan Ular Tangga dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Hal Berhitung 1-20 pada anak Kelompok B TK ‘Aisyiyah XI Pare Kecamatan Pare Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Kelompok B TK ‘Aiyiyah XI Pare Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, menggunakan instrumen penilaian unjuk kerja dan hasil observasi pembelajaran yang disampaikan oleh peneliti. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Berdasarkan analisa terhadap data hasil Penelitian Tindakan Kelas pada anak Kelompok B TK ‘Aisyiyah XI Pare Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan ular tangga mampu meningkatkan kemampuan fisik berhitung 1-20 anak di Kelompok B TK ‘Aisyiyah XI Pare Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, melalui media banner dan dadu merupakan alat pembelajaran yang dibangun berdasarkan kegembiraan anak dan guru, dalam rangka membantu dan memudahkan anak dalam peningkatan kemampuan fisik berhitung 1-20 anak. Kegiatan permainan ular tangga mampu membuat anak aktif, tangkas dan lincah dalam setiap langkah anak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) permainan ular tangga sebagai salah satu alternatif meningkatkan kemampuan berhitung 1-20. (2) penggunaan media ular tangga yang berwarna-warni dapat menarik minat anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI