MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN DAKON PADA ANAK KELOMPOK A RA PERWANIDA BABADAN – KECAMATAN WLINGI KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2013 - 2014
Author (Penulis)
BINTI CHOLIFATU SOLICHAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0353P
Abstract
ABSTRAK
Masa perkembangan anak usia dini adalah masa yang paling tepat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Jika potensi ini tidak dikembangkan sejak dini, maka masa emas perkembangan perkembangan potensial akan terlewat, meskipun dapat dikembangkan pada tahun berikutnya, namun hasilnya tidak akan tercapai dengan maksimal. Oleh karena itu, pendidik anak usia dini berperan aktif sebagai fasilitator dalam mengembangkan potensi tersebut. Membekali diri anak dengan wawasan tentang seni pada anak, pendidik diharapkan menjalankan peranannya dengan baik sehingga pengembangan potensi seni anak dapat tercapai dengan maksimal.
Rancangan penelitian ini dilakukan di RA Perwanida Bbadan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan dakon di RA Perwanida Babadan sangat membantu anak. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan nilai proses dari siklus I sampai siklus III.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dakon dapat meningkatkan kemampuan berhitung, lebih mudah mengingat angka. Dengan melakukan permainan dakon yang diberikan guru, dapat melatih anak untuk berimajinasi dan mengembangkan kreatifitas anak. Guru lebih mempersiapkan kelengkapan belajar agar suasana dapat terkondisikan dengan baik sehingga apa yang disampaikan dapat dimengerti anak. Guru harus memotivasi anak agar percaya diri untuk melakukan sesuatu yang baru.