MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA 1-20 MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK AJAIB PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AL HIDAYAH 1B SUKOREJO UDANAWU BLITAR
Author (Penulis)
JUMROTUL MUTAKIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0341P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, disebabkan akibat suasana yang monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motifasi kegiatan mengenal angka yang rendah, yang pada akhirnya hasilnya pun rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan media kotak ajaib untuk meningkatkan motifasi dan hasi lbelajar siswa. (2). Apakah penerapan media kotak ajaib dapat meningkatkan hasil belajar anak dalamkemampuan kognitif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian anak TK AL HIDAYAH 1B Sukorejo Udanawu Blitar, penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi penugasan anak, dan lembar observasi aktifitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah langkah yang efektif penerapan pembelajaran melalui media kotak Ajaib untuk meningkatkan motifasi dan belajar anak. (2). Melalui siklus tindakan pembelajaran media kotak ajaib terbukti dapat meningkatkan hasil belajar anak.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Tujuan pokokpenggunaan media kotak ajaib adalah untuk mengembangkan kemampuankognitif , oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran mediakotak ajiab sesuai dengan seluruh karateristik materi dan karakteristik anak.