PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MEDIA BERMAIN FINGER PAINTING DI KELOMPOK A TK AL HIDAYAH TULISKRIYO TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NURUL AROFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0336

Abstract

ABSTRAK NURUL AROFI: Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Media Bermain Finger Painting Di Kelompok A TK AL-Hidayah TuliskriyoTahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : keterampilan motorik halus, bermain finger painting Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pangalaman peneliti bahwa keterampilan motorik halus anak di Kelompok A TK AL-HidayahTuliskriyo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar belum berkembang optimal. Hal ini disebabkan karena sarana dan prasarana yang belum memadai,kurangnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam aktivitas pembelajaran pengembangan motorik halus pada anak usia dini, kurangnya aktifitas pembelajaran anak dalam pengembangan motorik halus melalui media bermain finger painting, karena kurangnya minat anak dalam kegiatan pengembangan keterampilan motorik halus, kurangnya motivasi yang diberikan guru kepada anak, sehingga hasil belajarpun tidak tercapai secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media bermain finger painting dapat mengembangkan keterampilan motorik halus anak di kelompok A TK AL-HidayahTuliskriyoKecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Anak Kelompok A TK AL-Hidayah Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon Kabupaten BlitarTahun pelajaran 2015-2016, yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen RPPM, RPPH, Lembar Penilaian Anak dan Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan kegiatan bermain finger painting dapat mengembangkan keterampilan motorik halus anak di Kelompok A TK AL-Hidayah Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon Kabupaten BlitarTahun Pelajaran 2015-2016. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar anak pada keterampilan motorik halus pada siklus I mencapai 40%, pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 60% , sedangkan pada siklus III mencapai 86%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran kepada: 1) Kepala sekolah hendaknya dapat menyediakan berbagai sarana dan prasarana dalam pembelajaran ataupun media yang menunjang dalam kegiatan bermain finger paintingkhususnyauntukmengembangkanketerampilanmotorikhalus, 2) Guru sebaiknya dalam pelaksanaan kegiatan bermain finger painting dapat lebih kreatif dan inovatif dalam penyiapan media, 3) Bagi orang tua sebaiknya selalu memberikan motivasi anak dan dukungan dalam berbagai proses pembelajaran khusunya dalam pengembangan keterampilan motorik halus anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI