PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA MANIK-MANIK PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A RA PERWANIDA GANDEKAN KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BINTI LATIFATUS SHOLEKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0335

Abstract

ABSTRAK Binti Latifatus Sholekah: Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Manik-Manik Pada Anak Didik Kelompok A RA Perwanida Gandekan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Kata kunci: kemampuan kognitif, mengenal konsep bilangan, media manik-manik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di RA Perwanida Gandekan, bahwa pembelajaran dibidang kognitif khususnya dalam bidang mengenal konsep bilangan masih kurang optimal, hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran dan permainan yang tepat, dan peran guru masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru (teacher centered), hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peran guru yang terlalu menguasai kelas. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah media manik-manik dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A RA Perwanida Gandekan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A RA Perwanida Gandekan yang berjumlah 18 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar observasi guru, dan lembar penilaian kemampuan mengenal konsep bilangan. Kesimpulan hasil penelitian adalah penggunaan media manik-manik dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A RA Perwanida Gandekan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016. Pada siklus I ketuntasan belajar sebesar44,4%, pada siklus II sebesar 61,1 % , dan pada siklus III naik menjadi 77,8%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Untuk Guru RA Perwanida Gandekan hendaknya dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak didik menggunakan media dan sumber belajar yang bisa menarik minat anak untuk belajar. (2) Bagi orangtua hendaknya menyediakan fasilitas belajar di rumah yang bisa menunjang kemampuan kognitif anak khususnya dalam bidang mengenal konsep bilangan. (3) Bagi Lembaga RA Perwanida Gandekan hendaknya menyiapkan sarana dan prasarana yang nantinya juga bermanfaat untuk pengembangan kemampuan profesionalisme guru sehingga dapat meningkatkan prestasi hasil belajar anak didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI