MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN MEDIA DADU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH 02 JEBLOG KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

DINA HERLINIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0333

Abstract

Abstrak DINA HERLINIATI : Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Media Dadu Kata pada Anak Kelompok B TK Al Hidayah 02 Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan serta pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Al Hidayah 02 Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, masih belum berkembang secara optimal. Hal tersebut dikarenakan anak didik menganggap bahwa pembelajaran membaca merupakan sesuatu yang membosankan dan dianggap sulit. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui apakah kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Al Hidayah 02 Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar meningkat setelah dilakukan penelitian melalui permainan media dadu kata. Permasalahan penelitian ini adalah, Apakah Melalui Permainan Media Dadu Kata dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Kelompok B TK Al Hidayah 02 Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan membaca anak kelompok B TK Al Hidayah 02 Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar meningkat setelah dilakukan penelitian permainan melalui media dadu kata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Al Hidayah 02 Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan teknik pengumpulan data yaitu unjuk kerja dan observasi serta menggunakan instrumen berupa RKH, RKM, lembar penilaian unjuk kerja anak serta lembar observasi guru. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah terjadi peningkatan sebesar 85% pada siklus III, hal tersebut menunjukkan bahwa hasil setelah dilakukannya tindakan melampaui tingkat keberhasilan ketuntasan yaitu 75%. Simpulan hasil penelitian ini yaitu, tindakan pembelajaran melalui permainan media dadu kata efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Al Hidayah 02 Jeblog Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Kesimpulan hasil penelitian ini, diajukan saran diantaranya: Hendaknya guru harus lebih kreatif dalam merancang pembelajaran dalam bentuk permainan. Pemilihan dan penerapan media yang tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak akan mempengaruhi tercapainya proses pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan dan mengungkapkan lebih jauh tentang kemampuan membaca melalui metode dan media yang lain. Kata kunci : membaca, kegiatan bermain dadu kata

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI