MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN LAMBANG BILANGAN 1-20 MENGGUNAKAN PERMAINAN PANCING BUAH PADA ANAK B DI TK AL HIDAYAH XXV AL HIKMAH DIMORO KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
LAILATUL FITRIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0332
Abstract
ABSTRAK
LAILATUL FITRIA : Meningkatkan Kemampuan Menyebutkan Lambang Bilangan 1-20 Menggunakan Permainan Pancing Buah Pada Anak B Di TK Al Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro Kecamatan Sukorejo Kota Blitar Tahun Pelajaran 2015/ 2016
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif anak, dalam menyebutkan lambang bilangan 1-20 pada anak B di TK Al Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro Kecamatan Sukorejo Kota Blitar yang masih kurang maksimal.
Diidentifikasi belum berkembangnya kemampuan anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-20 dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya, kurangnya media dalam pembelajaran, guru kurang kreatif dan inovatif, metode yang digunakan kurang sesuai, dan lingkungan yang kurang mendukung anak dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak B di TK Al Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro Kec. Sukorejo Kota Blitar dalam menyebutkan lambang bilangan 1-20, dengan menggunakan permainan pancing buah dalam pembelajaran diharapkan kemampuan anak B dalam menyebutkan lambang bilangan 1-20 dapat meningkat sesuai harapan.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan permainan pancing buah, karena menurut peneliti belajar dengan bermain sangat cocok untuk diterapkan pada anak usia dini, karena menggunakan konsep bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Dan dalam pelaksanaan PTK ini dilaksanakan dalam tiga siklus, disiklus I membahas tentang lambang bilangan 1-10, kemudian disiklus II membahas lambang bilangan 11-20, dan disiklus III membahas lambang bilangan 1-20.
Subyek penelitian adalah anak B di TK Al Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro Kecamatan Kota Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 17 anak. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif dan hasilnya diketahui bahwa kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-20 mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pada siklus I diperoleh hasil 35,3 % meningkat menjadi 58,8 % pada siklus II. Dan pada siklus III hasilnya meningkat lagi menjadi 94,1, %. Dengan melihat hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan permainan pancing buah dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan lambang bilangan 1-20 pada anak B di TK Al Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro Kecamatan Sukorejo Kota Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat diterima.
Kata kunci : Kognitif, Lambang Bilangan, Permainan Pancing Buah.