PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA BONEKA JARI BAGI ANAK KELOMPOK B TK PGRI SIDOMULYO KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

SITI PATONAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0330

Abstract

Abstrak SITI PATONAH : Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Boneka Jari Bagi Anak Kelompok B TK PGRI Sidomulyo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Skripsi, Program Studi PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : kemampuan bercerita, boneka jari Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yaitu kurangnya kemampuan bahasa dalam bercerita. Ini disebabkan oleh kurangnya kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran. Anak kurang mendapatkan motivasi dan tingkat pemahaman anak kurang optimal. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan media boneka jari dalam pembelajaran bercerita anak kelompok B dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak di TK PGRI Sidomulyo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar ? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang memiliki tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK PGRI Sidomulyo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar sebanyak 30 anak yang terdiri dari 18 anak perempuan dan12 anak laki-laki. Instrumen yang digunakan RKM, RKH, Lembar Penilian Unjuk Kerja, Lembar Observasi Aktivitas Guru. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media boneka jari dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B TK PGRI Sidomulyo. Hal ini terbukti dari siklus pertama sampai siklus ketiga selalu mengalami peningkatan. Prosentase ketuntasan belajar Siklus I dengan prosentase 63,75%. Siklus II dengan prosentase 69,25% dan pada siklus III dengan prosentase 86,75%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru agar dalam pembelajaran menggunakan media untuk menarik dan memotivasi belajar anak. Bagi lembaga diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam perbaikan pembelajaran guna meningkatkan kemampuan bercerita pada anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI