MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA KERETA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A RA. MIFTAHUL HUDA PROYUDO KECAMATAN GARUM – KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

PUSPA WENNY SNIPERTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0318

Abstract

Abstrak Puspa Wenny Snipertiwi : Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka Melalui Metode Bermain Dengan Media Kereta Angka Melalui Metode Bermain Dengan Media Mereta Angka Pada Anak Kelompok A RA Miftahul Huda Proyudo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal angka anak kelompok A RA Miftahul Huda Proyudo masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi peran guru. Sehingga suasana kelas yang terkesan monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut dapat dilihat dari motivasi peserta didik yang rendah, yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar anak yang juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah, apakah penerapan metode bermain dengan media kereta angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal angka pada anak kelompok A RA Miftahul huda Proyudo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A RA Miftahul Huda Proyudo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RKM dan RKH, lembar observasi anak, lembar observasi guru dan hasil penelitian kemampuan anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa (1) Kemampuan mengenal angka anak kelompok A RA Miftahul Huda Proyudo pada waktu pra tindakan masih rendah dengan nilai ketuntasan 50%. (2) Peneliti melakukan tindakan dengan menerapkan metode bermain dengan media kereta angka sebanyak 2 siklus. (3) Peneliti mengumpulkan data kemampuan mengenal angka anak selama tindakan dengan hasil siklus I prosentase ketuntasan anak sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 80%. (4) Kemampuan mengenal angka pada anak sebelum dan sesudah dilakukan tindakan mengalami peningkatan secara signifikan yaitu sebesar 30% atau dengan kata lain dari 10 anak hanya 2 anak yang belum tuntas. Demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci : kemampuan kognitif, mengenal angka, metode bermain, media kereta angka

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI