MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN LOMBA AMBIL BATU PADA ANAK KELOMPOK A TK PGRI 01 BANYUURIP KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LINA FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0308

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam melakukan proses pembelajaran di luar kelas, kurangnya minat anak terhadap media yang digunakan oleh guru dalam melakukan proses pembelajaran, motifasi anak yang kurang terhadap pembelajaran. Rumusan masalah ini adalah : “Apakah pembelajaran melalui permainan lomba ambil batu dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK PGRI 01 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016?” Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan anak didik dalam mengenal bilangan 1-10 sebelum diterapkan permainan lomba ambil batu, mengetahui penerapan permainan lomba ambil batu dalam meningkatkan keemampuan mengenal bilangan 1-10, mengetahui kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-10 setelah diterapkan permainan lomba ambil batu, mengetahui adanya peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1-10 sebelum dan sesudah diterapkan permainan lomba ambil batu. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK PGRI 01 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga Siklus, menggunakan instrumen berupa RKM dan RKH, lembar observasi aktifitas guru dan lembar hasil belajar anak didik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Pembelajaran dengan media batu berangka dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10. Adapun hasil tindakan setelah siklus III melebihi 90%, maka hipotesis tindakan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media batu berangka mampu meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK PGRI 01 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI