MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN ANGKA 1-10 DENGAN MEDIA SATE ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA TAMBAKREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ANIS SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0305
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan mengurutkan angka 1-10 di TK Dharma Wanita Tambakrejo masih menggunakan cara klasik yaitu metode ceramah tanpa bantuan alat peraga. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari hasil pengamatan yang menunjukkan motivasi belajar anak masih relatif rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran dengan menggunakan media sate angka dapat mengembangkan angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Tambakrejo Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Tambakrejo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa lembar penilaian, lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan pembahasan pada Bab IV, dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan persentase ketuntasan anak dalam pengembangan kemampuan kognitif dengan indicator mengurutkan angka 1-10 dengan media sate angka. Peningkatan persentase ketuntasan tersebut adalah: PraSiklus = 33,33%, Siklus I = 50,00%, Siklus II = 61,11%, dan Siklus III = 94,44%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pembelajaran melalui media sate angka dapat mengembangkan kemampuan anak mengurutkan angka 1-10 pada kelompok A TK Dharma Wanita Tambakrejo Kecamatan Sumbergempol Tahun Pelajaran 2015/2016.