MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN MENARA ANGKA DI KELOMPOK ATK DHARMA WANITA BANARAN, KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LYA ANYSA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0303

Abstract

ABSTRAK LYA ANYSA, 12.1.01.11.0303, Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Permainan Menara Angka di Kelompok A TK Dharma Wanita Banaran, Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGPAUD. FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang menemukan beberapa anak didik TK Dharma Wanita Banaran Kecamatan Kauman yang kesulitan dalam mengenal bilangan,anak dapat menyebutkan bilangan yang dimaksud tetapi ketika dihadapkan kepada permasalahan benda konkrit anak tidak dapat mengasosiasikan antara bilangan yang disebut dengan jumlah benda yang ditunjukkan anak. Tujuan dari penelitian ini secara umum yaitu ingin mengetahui kegunaan permainan menara angka terhadap perkembangan kognitif anak dan dapat membantu memperlancar jalannya kegiatan belajar mengajar di taman kanak-kanak sehingga kognitif anak semakin meningkat. Permasalahan penelitian ini yaitu: Apakah penerapan permainan menara angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Banaran tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian peserta didik TK Dharma Wanita Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik 20 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan di Desa Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dengan teknik penilaian berupa lembar observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: 1) kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran secara keseluruhan dapat dikategorikan baik, 2) kemampuan anak mengenal konsep bilangan 1-10 meningkat dari setiap siklusnya dan dapat mencapai ketuntasan. Dari hasil penelitian, ketuntasanpada siklus 1 40,00%, siklus 2 sebesar 60,00% dan siklus 3 sebesar 90,00%. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: guru melakukan variasi dalam menggunakan permainan menara angka sehingga sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui kegunaan permainan menara angka terhadap perkembangan kognitif anak dan dapat membantu memperlancar jalannya kegiatan belajar mengajar di taman kanak-kanak,dapat terwujud. Kata Kunci : konsep bilangan 1-10, menara angka, paud

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI