MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN1-10 DENGAN PERMAINAN BOLA BOWLINGPADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BANARAN, KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

IMA SUSIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0302

Abstract

ABSTRAK IMA SUSIANI,12.1.01.11.0302,MengembangkanKemampuanKonsepBilangan 1-10 DenganPermainan Bola Bowling padaAnakKelompok A TK Dharma WanitaBanaran, KecamatanKaumanKabupatenTulungagungTahunPelajaran 2015/2016, Skripsi, PG PAUD. FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Banaran Kecamatan Kauman, anak belum memiliki kemampuan yang optimal dalam mengenal konsep bilangan, hal ini terlihat dalam membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda), menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda, dan mengelompokkan benda menurut warna. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui kegunaan permainan bola bowling dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan permainan bola bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Banaran tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Banaran Kecamatan Kauman. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dengan teknik penilaian berupa lembar observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan permainan bola bowling dapat meningkatkan pengenalan konsep bilangan 1-10 pada anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung yang dapat dilihat dari hasil penelitian dengan ketuntasan pada siklus 1 mencapai 42,50%, mengalami peningkatan pada siklus 2 mencapai 62,50%, pada siklus 3 mencapai 87,50%. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: dalam upaya mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10, guru harus lebih kreatif dalam memilih permainan sesuai dengan tema, meningkatkan kemampuan dalam menciptakan dan mengembangkan alat permainan edukatif dalam kegiatan belajar mengajar di Taman Kanak-kanak sehingga pembelajaran dapat lebih menarik bagi anak, tidak selalu monoton dan dapat memberikan pengetahuan yang berharga bagi pengembangan pendidikan tentang cara meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui konsep bilangan. Kata Kunci : konsep bilangan 1-10, bola bowling, paud

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI