MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KONSEP BENTUK, UKURAN, DAN WARNA MELALUI KEGIATAN PLAYDOUGH PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD MAWAR TANGGUNGGUNUNG KECAMATAN TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI CHOIRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0301

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamtan peneliti di PAUD Mawar Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung . Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti ditemukan fakta bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk, ukuran dan warna anak kelompok B di PAUD Mawar Tanggungunung Kecamatan Tanggungunung Kabupaten Tulungagnung masih rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bentuk, Ukuran Dan Warna Pada Anak Kelompok B di PAUD Mawar Tanggunggunung Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tutulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penulis memakai Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B PAUD Mawar Tanggunggunung Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tanggunggunung yang berjumlah 15 anak didik.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing- masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data, menggunakan teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui hasil ketuntasan belajar anak pada siklus I masih mencapai 50,43%, kemudian padaa tindakan siklus II ketuntasan belajar anak meningkat baik menjadi 60,97%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat baik menjadi 93,24%, siklus sehingga diperoleh hasil yang lebih bagus. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan playdough dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bentuk, ukuran da warna pada anak kelompok B PAUD Mawar Tanggunggung Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran : a. Bagi guru, hendaknya dalam kegiatan pembelajaran bisa menerapkan media yang menarik minat anak untuk belajar lebih efektif dan menyenangkan, b. bagi orang tua, sebaiknya menyediakan media permainan yang dapat merangsang kegiatan anak yang sesuai dengan imajinasi mereka agar menjadi pribadi yang kreatif dan berkarya ,c. Bagi peneliti lain, hendaknya menyiapkan alat pembelajaran yang lebih baik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI