PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK MILENIUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN KONSEP BILANGAN ANAK KELOMPOK B RA AL-AZHAAR KUTOANYAR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

LILIS FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0300

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran aspek pengembangan kognitif anak kelompok B RA Al-Azhaar Kutoanyar Tulungagung tahun ajaran 2015-2016 masih rendah karena anak hanya diperkenalkan menghitung dengan menggunakan angka tanpa mengetahui berapa jumlah benda yang menunjukkan angka tersebut akibatnya anak merasa bosan, hanya sebagian anak terbiasa berhitung menghafal dengan menggunakan jari-jari mereka. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Kurangnya minat dan motivasi anak untuk memperhatikan apa yang diajarkan oleh gurunya (2) Masih terbatasnya media pembelajaran (3) Metode pembelajaran yang kurang inovatif menjadikan anak kurang termotivasi dalam proses pembelajaran sehingga sebagian besar anak tidak dapat mencapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B RA Al-Azhaar Kutoanyar Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar observasi anak, lembar hasil penilaian pemberian tugas dan lembar observasi peneliti. Kesimpulan hasil penelitian adalah pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak didik 45%. Maka, harus diadakan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar anak meningkat 70%, tetapi masih kurang memenuhi standart ketuntasan belajar anak sehingga perlu adanya kegiatan lanjut pada siklus III. Pada siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 90%.Maka, penelitian ini sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tradisional congklak milenium dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan konsep bilangan anak kelompok B RA Al-Azhaar Kutoanyar Tulungagung tahun ajaran 2015-2016, sehingga hipotesis diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI