MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA FABEL PADA ANAK KELOMPOK B RA. AL-AZHAAR KUTOANYAR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

ERLIN NURSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0299

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti di RA. AL-AZHAAR Kutoanyar Kabupaten Tulungagung. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti ditemukan fakta bahwa kemampuan menyimak anak RA. AL-AZHAAR Kutoanyar Kabupaten Tulungagung masih relatif rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul Meningkatkan Kemampuan menyimak melalui kegiatan bercerita fabel pada anak kelompok B RA. AL-AZHAAR Kutoanyar Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA. AL-AZHAAR Kutoanyar Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 16 anak didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui hasil ketuntasan belajar anak pada siklus I masih mencapai 67,19%, kemudian pada tindakan siklus II ketuntasan meningkat dengan baik menjadi 73,43%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik menjadi 89,06%. Hasil penelitian tindakan kelas dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui bercerita binatang fabel dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B RA.AL-AZHAAR Kutoanyar Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, sehingga tindakan penelitian sebelum dan sesudah dilakukan penerapan bercerita fabel mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : (1) Tujuan pokok bercerita fabel adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus menggunakan media-media pembelajaran yang menarik bagi anak didiknya sehingga proses pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, khususnya kemampuan menyimak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI