MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA FABEL PADA ANAK KELOMPOK B RA. AL-AZHAAR KUTOANYAR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
ERLIN NURSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0299
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti di RA. AL-AZHAAR Kutoanyar Kabupaten Tulungagung. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti ditemukan fakta bahwa kemampuan menyimak anak RA. AL-AZHAAR Kutoanyar Kabupaten Tulungagung masih relatif rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul Meningkatkan Kemampuan menyimak melalui kegiatan bercerita fabel pada anak kelompok B RA. AL-AZHAAR Kutoanyar Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA. AL-AZHAAR Kutoanyar Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 16 anak didik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui hasil ketuntasan belajar anak pada siklus I masih mencapai 67,19%, kemudian pada tindakan siklus II ketuntasan meningkat dengan baik menjadi 73,43%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik menjadi 89,06%.
Hasil penelitian tindakan kelas dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui bercerita binatang fabel dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B RA.AL-AZHAAR Kutoanyar Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, sehingga tindakan penelitian sebelum dan sesudah dilakukan penerapan bercerita fabel mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : (1) Tujuan pokok bercerita fabel adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus menggunakan media-media pembelajaran yang menarik bagi anak didiknya sehingga proses pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, khususnya kemampuan menyimak.