MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE MENDONGENG PADA ANAK KELOMPOK B-2 DI TAMAN KANAK-KANAK ZUMROTUSSALAMAH TAWANGSARI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
RIRIN IMROATUS SOLEKHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0298
Abstract
ABSTRAK
Ririn Imroatus Solekhah, 2016. Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Mendongeng Pada Anak Kelompok B-2 di Taman Kanak-Kanak Zumrotussalamah Tawangsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi PG-PAUD, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode mendongeng pada anak kelompok B-2 di Taman Kanak-Kanak Zumrotussalamah Tawangsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B-2 Taman Kanak-Kanak Zumrotussalamah Tawangsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan kenaikan persentase rata-rata kemampuan sosial emosional anak dari Siklus I 47,06% naik menjadi 64,71% pada Siklus II dan pada siklus III mencapai 82,35%.
Kesimpulan hasil penelitian adalah metode mendongeng terbukti dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional yaitu kemandirian anak Kelompok B-2 di Taman Kanak-Kanak Zumrotussalamah Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan: (1) Bagi peyelenggara pendidikan, untuk mengimplementasikan kegiatan mendongeng; 2) Bagi guru, untuk mengkreasikan media dalam penerapan metode mendongeng agar lebih menarik dan kreatif; (3) Bagi orang tua, agar lebih memperhatikan setiap potensi yang dimiliki anak tidak hanya potensi akademik semata tetapi juga pada potensi kreativitas anak; (4) Bagi Peneliti Selanjutnya, agar lebih memperhatikan aktivitas anak di dalam maupun di luar sekolah. Ini dimaksudkan agar instrumen yang dibuat lebih baik.
Kata Kunci : Kemampuan Sosial Emosional, Mendongeng