MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA KERETA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD HARAPAN JAYA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SULISTYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0295

Abstract

ABSTRAK SULISTYANI: Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Kereta Angka Pada Anak Kelompok A PAUD Harapan Jaya di Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGPAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal angka 1-10 masih rendah dan anak didik kurang berminat, mudah bosan terhadap pelajaran mengenal angka. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan membosankan. Salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka untuk anak didik adalah dengan media kereta angka. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media kereta angka mampu mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A PAUD Harapan Jaya di Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media kereta angka dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A PAUD Harapan Jaya di Kabupaten Tulungagung. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok A PAUD Harapan Jaya Desa Tenggarejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan oerangkat pembelajaran berupa RKM, RKH, lembar penilaian anak, lembar observasi siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah observasi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil observasi pada anak kelompok A PAUD Harapan Jaya di Kabupaten Tulungagung. Kesimpulan bahwa: (1) pada siklus I berhasil mencapai 30%. (2) pada siklus II berhasil mencapai 60%. (3) pada siklus III berhasil mencapai 90%. Berarti tindakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak didik menunjukan hasil yang baik. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi:”Penerapan media kereta angka dapat mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A PAUD Harapan Jaya di Kabupaten Tulungagung dinyatakan berhasil. Kata kunci: mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media kereta angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI