MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM MENGENAL BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA STIK ESKRIM WARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA II KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015 /2016
Author (Penulis)
SUHARIYANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0283
Abstract
Mengembangkan Kemampuan berhitung dalam mengenal bilangan 1-10 pada
anak kelompok A tk kusuma mulia II Kec. Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. PG PAUD.
FKIP UN PGRI Kediri 2016
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa mengembangkan
kemampuan berhitung dalam mengenal bilangan bukan sekedar pengantar pesan saja tetapi dianggap kurang
mampu. Akhirnya suhariyanik kelas kurang menarik, membosankan sehinggga pembelajaran menjadi rendah dan
kurang menarik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelian Tindakan Kelas (PTK) di Tk kusuma mulia II dengan
subyek anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 22 anak terdiri dari 14 anak laki-aki dan 8 anak perempuan. Penelitian
dilakukan dengan tiga siklus , menggunakan instrument terdiri dari teknik penilaian dan teknik pengumpulan data.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hasil anak pada siklus I mendapatkan 48,8%, siklus II mendapatkan
77,2%, siklus III mendapatkan 88,6% dan hasil guru pada siklus I mendapatkan 55%, siklus II mendapatkan 75 %,
siklus III mendapatkan 85%, maka dengan itu terjadi peningkatan dari setiap siklusnya dalam permainan stik
eskrim warna dapat meningkatkan kemampuan anak dalam kerjasama anak dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, rekomendasi sesuai bab V saran : (1) Tujuan permainan stik
eskrim dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana
pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan. (2) Guru
masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah permainan stik eskrim warna mampu meningkatkan
kemampuan /kognitif pada anak.
Kata kunci : Mengembangkan,kemampuan,berhitung,mengenal bilangan.