MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA ANAK TK B PAUD SMART KIDS I PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

DENI MIRNASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0281

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada saat anak-anak diajak melakukan kegiatan berhitung permulaan, anak kurang antusias karena kegiatan yang diberikan adalah kegiatan yang terkesan sulit untuk anak-anak, penerapan metode yang kurang menarik dan terkesan monoton, dan kurang menyenangkan bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan berhitung permulaan penjumlahan dan pengurangan secara sederhana serta untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi anak TK B Paud Smart Kids I Plemahan tahun pelajaran 2015/2016 dalam berhitung permulaan melalui metode yang lebih mudah dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa TK B Paud Smart Kids I Plemahan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Instrumen Pengumpulan Data (Alat Penilaian Perkembangan Anak), lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui metode jarimatika pada anak TK B Paud Smart Kids I Plemahan. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran berhitung permulaan melalui metode jarimatika dapat meningkatkan motivasi belajar anak. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran berhitung permulaan melalui metode jarimatika terbukti dapat meningkatkan hasil belajar anak, maka hipotesis tindakan diterima. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan menggunakan metode jarimatika ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar anak yang menyenangkan sesuai dunia anak. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk menemukan temuan-temuan yang lebih kompleks dan memuaskan serta sesuai dengan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI