MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI MELALUI KEGIATAN KREASI STEMPEL MEDIA WORTEL PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH TAMBAKBOYO KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
NURKHOLIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0266
Abstract
Kemampuan seni di Kelompok B di TK Al Hidayah Tambakboyo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar berdasarkan evaluasi kegiatan pembelajaran pra tindakan masih belum tuntas. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan guru mayoritas menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan tidak melibatkan partisipasi anak. Guna meningkatkan hasil prestasi belajar anak Kelompok B di TK Al Hidayah Tambakboyo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar tersebut, peneliti mengatasi masalah pembelajaran seni dengan menggunakan metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk pembelajaran seni Kelompok B di TK Al Hidayah Tambakboyo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar, (2) mendeskripsikan peningkatan menggambar Kelompok B di TK Al Hidayah Tambakboyo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar dengan meetode demonstrasi.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah anak yang di teliti sebanyak 22 anak dan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan pada Kelompok B di TK Al Hidayah Tambakboyo Kecamatan Sanankulon l observasi. Peneliti terlibat secara penuh dalam kegiatan penelitian baik perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi maupun refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi mengalami peningkatan sebesar 57% pada siklus I pada siklus II 70% dan pada siklus III 81%. Hal ini menunjukkan metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran seni.
Untuk itu disarankan agar guru dapat memilih metode yang tepat dan kreatif dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran seni berhasil dengan baik dan tidak membosankan misalnya dengan menggunakan metode demonstrasi. Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang terjun di dunia pendidikan.