PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD INTERAKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN ZAID BIN TSABIT KABUPATEN BLITARTAHUN PELAJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
WIWIK KUSTIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0265
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar di Kelompok A KB Zaid Bin Tsabitdalam bidang kemampuan membaca permulaan pada anak masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan.Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian laki-laki 10 anak dan perempuan 10 anak pada Kelompok A KB Zaid Bin Tsabit Kabupaten Blitar. Instrumen berupa lembar observasi anak dan guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak meningkat dengan menggunakan media pembelajaran Vcd Interaktif.Pada siklus I dan II kemampuan membaca permulaan anak sebesar 55% meningkat menjadi85%. Dengan kata lain dari 20 anak hanya 3 anak yang belum tuntas, jadi hipotesis diterima. Kesimpulannya bahwa penggunaan media Vcd Interaktif dapat meningkatkan belajar membaca permulaan pada anak Kelompok A KB Zaid Bin Tsabit Kabupaten Blitar.Peningkatan perkembangan kemampuan membaca permulaan anak dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata pra tindakan setelah tindakan siklus I dan siklus II.