PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD INTERAKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN ZAID BIN TSABIT KABUPATEN BLITARTAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

WIWIK KUSTIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0265

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar di Kelompok A KB Zaid Bin Tsabitdalam bidang kemampuan membaca permulaan pada anak masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan.Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian laki-laki 10 anak dan perempuan 10 anak pada Kelompok A KB Zaid Bin Tsabit Kabupaten Blitar. Instrumen berupa lembar observasi anak dan guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak meningkat dengan menggunakan media pembelajaran Vcd Interaktif.Pada siklus I dan II kemampuan membaca permulaan anak sebesar 55% meningkat menjadi85%. Dengan kata lain dari 20 anak hanya 3 anak yang belum tuntas, jadi hipotesis diterima. Kesimpulannya bahwa penggunaan media Vcd Interaktif dapat meningkatkan belajar membaca permulaan pada anak Kelompok A KB Zaid Bin Tsabit Kabupaten Blitar.Peningkatan perkembangan kemampuan membaca permulaan anak dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata pra tindakan setelah tindakan siklus I dan siklus II.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI