MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG ANGKROK PADA ANAK KELOMPOK A PAUD AZ ZAHRA KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

AGUS SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0253

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa kemampuan berbahasa dalam menyimak dan berbicara di PAUD Az Zahra belum menggunakan metode dan media yang sesuai dengan kebutuhan anak. Berdasarkan observasi awal dapat dilihat dari prosentase pencapaian perkembangan berbahasa anak sebelum dilakukan tindakan adalah sebesar 30%. Hal tersebut Nampak dari aktivitas belajar anak yang kurang bersemangat, yang akhirnya hasil belajar anak belum maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode bercerita menggunakan media wayang angkrok dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam menyimak dan berbicara? penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian anak kelompok A PAUD Az Zahra. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa lembar observasi dan lembar penilaian.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Melalui tindakan siklus I, II, dan III penggunaan metode bercerita melalui media wayang angkrok terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam menyimak dan berbicara. Dari hasil observasi setelah dilakukan tindakan diketahui prosentase keberhasilan sebesar 80%. Kata Kunci: kemampuan berbahasa, metode bercerita, media wayang angkrok

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI