MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK PKK II SAWAHAN KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
WIJIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0248P
Abstract
Mengingat begitu pentingnya kemampuan berhitung bagi manusia, maka kemampuan berhitung ini perlu diajarkan sejak dini. Usia dini merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak. Hal tersebut ditunjukkan dari kompetensi bidang pengembangan ini tidak sesuai dengan yang diharapkan, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan peneliti ini adalah apakah kegiatan melalui penggunaan media kartu gambar dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan di Kelompok A TK PKK II Sawahan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A TK PKK II Sawahan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi aktivitas guru dan dokumentasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah peneliti menyimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui penggunaan media kartu gambar dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan di Kelompok A TK PKK II Sawahan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dapat ditingkatkan melalui penggunaan media kartu gambar. Media ini efektif digunakan, namun karena belum tersedianya media ini disekolah, maka hendaknya kepala sekolah mengadakan media kartu gambar ini.