MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PERMAINAN BISIK KATA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A RA MUSLIMAT UKUSUMA MULIA XXII PANDAN CANGGU BADAS KEDIRI
Author (Penulis)
USWATUL FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0242P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kegiatan pengembangan kemampuan menyimak yang dilaksanakan pada anak kelompok A RA. Muslimat Kusuma Mulia XXII terlihat kurang mendapat respon dari anak. Hal ini terlihat dari kurangnya minat dan respon anak selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari gejala seperti yang terjadi dapat disimpulkan bahwa rendahnya kemampuan menyimak pada anak, karena anak kurang tertarik terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan guru, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah permainan bisik kata dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok A RA. Kusuma Mulia XXII Pandan Canggu Badas Kediri ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok RA. Muslimat Kusuma Mulia XXII Pandan Canggu Badas Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, satu siklus terdiri dari satu pertemuan, menggunakan Rencana Kerja Harian (RKH) dan lembar observasi aktivitas anak didik dan guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif melalui permainan bisik kata untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok A dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan di RA. Kusuma Mulia XXII Di samping itu, permainan bisk kata dapat mengembangkan kreatifitas berbahasa anak dan daya imajinasi anak.